Tata kerja atau metode adalah satu cara bagaimana
(how) agar sumber-sumber dan waktu yang tersedia dan amat diperlukan dapat
dimanfaatkan dengan tepat sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan
dengan tepat pula.
Dengan tata kerja yang tepat mengandung arti bahwa proses kegiatan
pencapaian tujuan sudah dilakukan secara ilmiah dan praktis, di samping itu
pemakaian tata kerja yang tepat pada pokoknya ditujukan untuk :
Dengan tata kerja yang tepat mengandung arti bahwa proses kegiatan
pencapaian tujuan sudah dilakukan secara ilmiah dan praktis, di samping itu
pemakaian tata kerja yang tepat pada pokoknya ditujukan untuk :
a.
Menghindari terjadinya pemborosan di dalam
pendayagunaan sumber-sumber daya dan waktu yang tersedia
b.
Menghindari kemacetan-kemacetan dan kesimpangsiuran
dalam proses
pencapaian tujuan
pencapaian tujuan
c.
Menjamin adanya pembagian kerja, waktu dan
koordinasi yang tepat.
Jadi hubungan antara manajemen, organisasi dan
tata kerja dapat dilukiskanseperti di bawah ini.
a)
Manajemen : proses kegiatan pencapaian tujuan melalui
kerja sama antar
manusia;
manusia;
b)
Organisasi : alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan
alat bagi
pengelompokkan kerja sama.
pengelompokkan kerja sama.
c)
Tata Kerja : pola cara-cara bagaimana kegiatan dan
kerja sama tersebut
harus dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien.
Manajemen, organisasi dan tata kerja ketiganya diarahkan kepada tercapainya tujuan secara efisien.
harus dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien.
Manajemen, organisasi dan tata kerja ketiganya diarahkan kepada tercapainya tujuan secara efisien.
Komentar
Posting Komentar