Pengertian organisasi dan metode
(secara lengkap) adalah rangkaian proses kegiatan yang harus dilakukan untuk
meningkatkan kegunaan segala sumber dan faktor yang menentukan bagi berhasilnya
proses manajemen terutama dengan memperhatikan fungsi dan dinamika organisasi
atau birokrasi dalam rangka mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.
Dari pengertian tersebut terkandung beberapa maksud
yaitu :
1.
Organisasi dan metode
merupakan kunci atau syarat pelaksanaan kerja yang setepat-tepatnya,
2.
Organisasi dan metode
penting bagi kegiatan manajemen,
3.
Organisasi dan metode
dapat memanfaatkan sumber-sumber dan waktu yang tersedia, dan
4.
Organisasi dan metode
berguna dalam meningkatkan efisiensi kerja untuk mencapai tujuan.
Dari uraian di atas terlihat jelas
betapa eratnya hubungan antara manajemen, organisasi dan metode, bahkan sepertinya
dapat dikatakan bahwa organisasi dan metode merupakan salah satu bidang
pengkhususan dari manajemen.
Manajemen pada hakekatnya merupakan
proses kegiatan seorang pimpinan (manager) yang harus dilakukan dengan
mempergunakan cara-cara pemikiran yang rasional maupun praktis untuk mencapai
tujuan yang telah ditetapkan melalui kerja sama dengan orang lain sebagai
sumber tenaga kerja tanpa mengabaikan sumber-sumber yang lain dan waktu yang
tersedia dengan cara yang setepat-tepatnya.
ARTI PENTING ORGANISASI DAN METODE
Organisasi adalah sekumpulan orang
atau badan yang mempunyai tujuan yang sama. Pandangan umum organisasi dibagi
menjadi 3 bagian, yaitu:
a)
Sebagai wadah :
tempat dimana kegiatan manajemen dijalankan.
b)
Sebagai proses :
memperhatikan interaksi/kerja sama antar orang-orang yang menjadi anggota
organisasi tersebut :
organisasi tersebut :
1) hub. formal = hubungan yang ditetapkan secara resmi oleh top manajemen.
2) hub. informal = mempunyai 3 peranan :
·
sarana komunikasi.
·
mengatur jalannya
kerja
·
kebebasan bertindak
oleh anggota organisasi tersebut.
c)
Sebagai sistem :
1. sistem sosial (antar sesama manusia).
2. sistem fungsional (antar fungsi-fungsi yang dikaitkan secara tertentu dan
integral untuk tercapainya suatu tujuan).
3. sistem komunikasi (sistem tata saluran/arus informasi dalam organisasi).
Komentar
Posting Komentar