- Visi
memenuhi harapan Stakeholders.
Makna Visi
Melalui visinya, KAI bertekad menjadi operator kereta api terbaik
yang ada di Indonesia. Karena sejak diterbitkannya Undang-
Undang Nomor 23 Tahun 2007 Tentang Perkeretaapian maka
perusahaan swasta dapat menjadi operator kereta api di Indonesia
sehingga bukan hanya monopoli BUMN. KAI mengubah mindset
Perusahaan yang tadinya product oriented menjadi customer
oriented agar pelanggan menjadi fokus utama dalam berbagai
kebijakan KAI. KAI sebagai BUMN memiliki tanggung jawab yang
besar baik terhadap pemerintah, masyarakat, pelanggan, dan
berbagai stakeholder lainnya dengan terus menjaga kepercayaan
para Stakeholder melalui pencapaian kinerja terbaik.
- Misi
melalui praktik bisnis dan model organisasi terbaik untuk memberikan nilai
tambah yang tinggi bagi Stakeholders dan kelestarian lingkungan berdasarkan
empat pilar utama: Keselamatan, Ketepatan Waktu, Pelayanan, dan Kenyamanan.
Makna Misi
Untuk mencapai visi perusahaan, KAI mengoperasikan kereta
api yang didukung oleh kegiatan usaha penunjang lainnya.
KAI akan terus menjalankan bisnisnya melalui transformasi
dan inovasi sebagai bagian dari strategi dalam memuaskan
harapan para stakeholders dengan tetap memperhatikan
kelestarian lingkungan. Adapun dalam menjalankan bisnisnya,
KAI berpegang pada 4 Pilar Utama perusahaan yaitu :
1. Keselamatan
KAI memiliki sifat tanpa kompromi dan konsisten dalam menjalankan atau
menciptakan sistem atau proses kerja yang mempunyai potensi risiko
yang rendah terhadap terjadinya kecelakaan dan menjaga aset perusahaan dari
kemungkinan terjadinya kerugian.
2. Ketepatan waktu
KAI selalu akan berupaya maksimal untuk tetap mengoperasikan perjalanan
Kereta api tepat sesuai pada waktunya, baik dari jadwal keberangkatan dan
jadwal tiba demikelancaran dan kepuasan pelanggan sebagai bentuk solusi
dari salah satu alternatif transportasi publik yang bebas dari kemacetan.
3. Pelayanan
Dalam hal pelayanan, KAI akan memberikan yang terbaik sesuai dengan standar mutu
yang memuaskan dan sesuai harapan atau melebihi harapan pelanggan
dengan memenuhi 6 A unsur pokok : Ability (Kemampuan), Attitude (Sikap),
Appearance (Penampilan), Attention (Perhatian), Action (Tindakan) dan
Accountability (Tanggungjawab).
4. Kenyamanan :
Kenyamanan pelanggan akan muncul sendirinya seiring dengan pelayanan prima,ketepatan
waktu dan keselamatan yang diterapkan KAI sebagai pilar utama dalam mencapai
kepuasan pelanggan. Perusahaan tidak akan pernah berhenti dalam menciptakan lingkungan
yang kondusif baik di stasiun maupun di atas kereta api dalam hal meningkatkan
rasanyaman kepada para pelanggan.
Komentar
Posting Komentar